HOME / NEWS

30 Seniman Lukis Ketupat Bersama, Ramaikan Surabaya Suites Hotel hingga Lestarikan Tradisi

News

/ 2023-05-08

30 Seniman Lukis Ketupat Bersama, Ramaikan Surabaya Suites Hotel hingga Lestarikan Tradisi

SURABAYA, Tugujatim.id – Merayakan Bulan Menggambar sekaligus menggaungkan tradisi masyarakat Jawa, puluhan seniman lukis ketupat on the spot di area Taman Surabaya Suite Hotel, Jalan Pemuda, Kota Surabaya, Senin sore (08/05/2023).

Kurang lebih 30 seniman lukis Surabaya ini berasal dari Garis Gathuk Art Project. Bukan kali pertama Garis Gathuk Art Project menggelar lukis on the spot di berbagai media, tidak hanya kanvas. Kali ini aksi unik juga kembali dilakukan dengan lukis ketupat secara langsung.

Sebagaimana diketahui, bagi masyarakat Jawa, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah, ketupat merupakan sajian kuliner yang sudah menjadi tradisi. Ketupat, makanan yang berbahan dasar beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa. Bentuknya, seperti ruang segi empat namun ada sedikit tali yang menggantung. Ketupat diolah dengan direbus dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Biasanya, setelah Lebaran Idulfitri H+7, masyarakat Jawa melaksanakan Lebaran ketupat.

“Jadi, kami komunitas Garis Gathuk mengadakan lukis ketupat karena biasanya setelah Idulfitri selalu ditutup dengan tradisi ini. Jadi, kami merayakan suasana itu dengan melukis. Kemudian sebagai rasa bangga kami karena kupat itu asalnya Jawa, tapi sekarang sudah terkenal di beberapa negara Asia. Jadi kami ikut merasa bangga karena tradisi ini dikenal banyak orang,” kata Budi Bi, Koordinator Garis Gathuk Art Project, Senin sore (08/05/2023).

Selain itu, menurut Budi, tidak banyak kelompok seniman lukis yang ada di Surabaya dalam menggelar aksi bersama di media ketupat.

“Karena di Surabaya belum ada kelompok seniman yang melukis di ketupat. Jadi, event ini pertama kami adakan,” ucapnya.

Sementara itu, kegiatan ini juga menjadi penutup gelaran pameran lukis di kain sepanjang 30 meter yang sebelumnya digelar di Surabaya Suites Hotel bersama Garis Gathuk pada awal Ramadhan 2023.

“Jadi rangkaian acara waktu puasa kami adakan melukis di kain panjang, dengan lukisan tradisi sebelum dan sesudah Lebaran jadi ini juga sebagai penutup pameran,” ucapnya.

Sebanyak 35 ketupat kurang lebih berukuran sedang, 10 sentimeter akan dipajang di Cafe Taman Surabaya Suites Hotel. Gelaran lukis ketupat on the spot ini sekaligus bentuk kerja sama dengan Surabaya Suites Hotel, salah satu hotel yang terletak di pusat Kota Surabaya.

“Jadi pihak SSH (Surabaya Suites Hotel, red) selau mendukung kegiatan seniman di Surabaya. Pihak hotel juga memberikan fasilitas memajang karya, tempat untuk melukis secara gratis. Jadi, kami seniman merasa ter-support,” ujar Budi.

General Manager Surabaya Suit Hotel Firman S. Permana mengatakan, memang pihak hotel cukup aktif menggelar kegiatan yang menggaet para seniman Surabaya untuk memperkenalkan budaya Surabaya dan Indonesia.

“Kami mencoba mengambil sisi lain dari segi culture. Selama dua tahun belakangan, kami aktif bekerja sama. Pernah bikin baca puisi, terus talkshow dan workshop tentang wayang. Dan Ramadhan kemarin kami menyediakan makanan dengan tema Kauman,” paparnya.

Firman mengatakan, kegiatan ini bukan hanya perihal strategi bisnis yang digunakan Surabaya Suites Hotel untuk mengundang daya tarik pengunjung. Tapi, juga untuk menggemakan semangat jiwa nasionalisme melalui budaya Indonesia.

“Semoga ini menjadi inspirasi untuk hotel-hotel lain. Karena sekarang kebanyakan yang diangkat itu budaya asing, kami tetap menggaungkan unsur budaya-budaya Indonesia sebagai semangat jiwa nasionalisme,” ujarnya.

sumber: https://tugujatim.id/30-seniman-lukis-ketupat-di-s...