HOME / NEWS

Petualangan Rasa Menyusuri Jalur Sutera di Bikak Siyam Surabaya Suites Hotel

Press Release

/ 2024-03-05

Petualangan Rasa Menyusuri Jalur Sutera di Bikak Siyam Surabaya Suites Hotel

Surabaya, 5 Maret 2024 - Bulan Ramadhan menjadi momen yang selalu dinanti setiap tahunnya. Berbuka puasa salah satunya tidak hanya menjadi simbol untuk sekedar membatalkan puasa setelah menahan lapar sehari penuh. Tetapi, menjadi momen yang dinantikan ketika dilakukan bersama. Momentum berbuka puasa bersama menjadi agenda untuk bersilaturahmi sekaligus menikmati kuliner dari tempat-tempat tertentu.

Dalam menyambut bulan Ramadhan 1445 hijriyah, Surabaya Suites Hotel menghadirkan judul  Bikak Siyam yang menyajikan berbagai macam pilihan menu dari wilayah Jalur Sutera (Silk Road) di Kartini Restaurant. Istilah Bikak Siyam diambil dari bahasa jawa krama, yang diartikan sebagai Buka Puasa. Jalur Sutera (Silk Road) sebagai tema yang diusung untuk hidangan menu (buffet) berbuka puasa tahun ini. Pemilihan tema hidangan tersebut terinsipasi dari sejarah perjalanan jalur perdagangan internasional yang dinamakan The Silk Road oleh seorang Jerman bernama Von Richthofen pada abad ke-18 M. Menilik sejarah jalur sutera diawali dari peradaban 2 SM oleh Dinasti Han Tiongkok Zhang Qian ke Asia Tengah, kemudian diikuti Marco Polo melakukan perjalanan dari Barat ke Timur. Permintaan sutera yang semakin tinggi menjadi salah satu faktor perluasan rute perdagangan, hingga terjadilah negara-negara lain tertarik untuk melakukan perdagangan selain tekstil seperti rempah-rempah, emas, porselen, dsb.

Danang Lukita, Chef Executive Surabaya Suites Hotel menyampaikan bahwa "Historis Silk Road ini sangat luar biasa, kita cerminkan di menu yang akan kita sajikan juga tentunya dari wilayah negara-negara yang menjadi rute perdagangan sutera. Mulai dari Asia Tengah, Asia Selatan, Timur Tengah, sampai Eropa, dan sekitar 118 menu telah kami siapkan untuk dirotasi setiap harinya". Beberapa citra rasa hidangan jalur sutera yang dihadirkan antara lain adalah Ayam Kalio, Mung Po Tofu Daging Sapi, Shurpa soup, Sofyani Biryani, Monty, Tukpha Tibetan Chicken Soup, Roast beef/lamb, Ayam Tandoori, Black Pepper Meatball, Potato Falafel.

Bangsa Melayu dan Indonesia juga menjadi rute singgah oleh bangsa Eropa yang tidak sedikit memberikan pengaruh dalam berbagai aspek, tentunya juga dalam makanan. Temu dan interaksi antar bangsa ini menjadi inspirasi untuk menghadirkan rasa hidangan yang khas di Bikak Siyam antara lain adalah Biter Balen, Croquete, Tauto, Selat Solo, Spikoe, Ronde, Nasi Jamblang, Nasi Uduk, Nasi Kebuli, Laksa, Gulai Patin, dan Nasi Lemak.

Melengkapi hadirnya Silk Road Buffet, Surabaya Suites Hotel setiap hari juga menyuguhkan sajian spesial yang dapat dinikmati di live cooking station yang dimasak menggunakan tandoor oven. Tandoor merupakan alat yang digunakan untuk memasak oleh kaum nomaden dan penggembala, kini popular sebagai teknik memasak makanan India dan Asia Tengah. "Kita akan masak disitu, menu spesialnya ada daging sapi, daging ayam, sayur, buah dengan variasi kondimen, beserta roti-rotinya yang akan di olah menggunakan tandoor", ujar Chef Danang.

Pemilihan tandoor oven ini sebagai bentuk representasi kehidupan pada abad kuno yang dipadukan konsep hidangan Silk Road, Surabaya Suites Hotel mengajak pengunjung untuk menciptakan suasana berbuka puasa seperti berpetualang menyusuri kelezatan rasa di wilayah Jalur Sutera. Hanya dengan harga early bird sebesar IDR 148.000,- nett (2 FREE 1) untuk kuota 20 pax per hari dan harga normal sebesar IDR 178.000,- nett pengunjung sudah dapat menikmati beragam kelezatan hidangan dari berbagai negara di Bikak Siyam Surabaya Suites Hotel. Reservasi dan promo ramadhan lainnya bisa menghubungi 62-813-3480-0530 atau mengunjungi akun resmi instagram @surabayasuiteshotel.

 

Contact person:

Ayudia - 62 812 3018 7178