Nikmati Cerutu Berkualitas Sambil Ditemani Kopi? Rasakan Sensasinya di Surabaya Suites Hotel

News Photo
Print Friendly and PDF

News / July 04, 2022

Nikmati Cerutu Berkualitas Sambil Ditemani Kopi? Rasakan Sensasinya di Surabaya Suites Hotel

iniSURABAYA.com – Nikmati cerutu tidak harus dengan wine! Gulungan daun tembakau pilihan ini juga bisa dirasakan sama nikmatnya bersama kopi maupun minuman berbahan rempah lainnya.

Tak hanya itu. Kolaborasi yang tak kalah unik adalah, sensasi cerutu lokal ini bisa sama nyamannya usai santap semanggi atau soto. Kombinasi yang tak biasa itulah yang disajikan buat tamu Surabaya Suites Hotel lewat gelaran agenda ‘Spice Up Your Taste’.

Kolaborasi serba produk lokal ini disajikan oleh Galeri Pamasa, ‘rumah’ bagi produk-produk UMKM yang menempati area lantai dasar Surabaya Suites Hotel bersama cerutu_id yang menggandeng produsen cerutu dari Jember, Surabaya, dan Yogyakarta.

“Isap cerutu memang nggak perlu ribet dengan minuman beralkohol. (Dinikmati) dengan secangkir kopi pun sama nikmatnya,” tegas Ichwan Zaifudin, owner cerutu_id kepada iniSurabaya.com.

Ichwan mengaku bahwa cerutu memang bukan budaya negeri ini. “Budaya kita kan isap rokok kretek, rokok lintingan. Cerutu adalah budaya asing yang kemudian masuk dalam gaya hidup kita,” paparnya.

Karena itulah, Ichwan bersama Galeri Pamasa mencoba memadukan gaya hidup menikmati cerutu ini dengan ragam kuliner lokal, baik minuman maupun cemilan produk anak bangsa.

“Sekarang kita biasakan nikmati cerutu dengan kopi!” kata Ichwan sambil tertawa.

Upaya cerutu_id mengkampanyekan cigar lokal ini bertolak dari fakta bahwa kualitas cerutu produk Tanah Air ini tidak kalah dengan cerutu impor.

“Memang ironis. Indonesia dikenal sebagai pengekspor tembakar berkualitas. Tetapi, juga pengimpor cerutu yang bahannya justru dari daun tembakau kita,” cetusnya.

Ragam cerutu lokal yang bisa diperoleh di Galeri Kreatif UMKM Pamasa di Surabaya Suites Hotel.

Ichwan menekankan, kualitas tembakau Indonesia dikenal setara dengan Negara penghasil tembakau lainnya seperti Kuba, Dominika, Nikaragua, dan Brazil.

“Jadi Indonesia harusnya bisa lebih dikenalkan tak hanya sebagai pengekspor tembakau tetapi juga merek cerutu terbaiknya,” tandas Ichwan.

Dengan kualitas cerutu yang sama, lanjut Ichwan, bisa dinikmati cerutu dengan harga mulai Rp 10.000 sampai Rp 500.000 per-batang. “Jadi nikmati cerutu tak lagi identik mahal. Tergantung packaging-nya. Ada yang satu boks isi 10 atau paper back isi lima batang,” urainya.

Senada dengan Ichwan, Neny Gunarso, owner Galeri Pamarsa menyatakan penikmat cerutu harus meyakini bahwa cerutu produk lokal ini tak kalah nikmatnya dengan cerutu impor yang pasti mahal harganya.

“Produk cerutu kita sudah bervariasi dari yang murah hingga mahal. Hebatnya lagi, DNT, produk cerutu dari Jember ini dikelola anak muda yang masih berusia 25 tahun,” cetusnya.

Neny menekankan, dalam program ‘Spice Up Your Taste’ ini Galeri Kreatif UMKM Pamasa menghadirkan produk-produk UMKM berkualitas tinggi yang layak diangkat sebagai produk unggulan Indonesia di mancanegara.

Jenisnya mulai dari olahan coklat, cabai, ikan, rempah, hingga tembakau yang sudah sangat dikenal di mancanegara.

Produk cerutu lokal yang dipajang di area lobi Surabaya Suites Hotel langsung menarik perhatian tamu, khususnya penikmat cerutu berkualitas.

Emping kecombrang matah, canape berbahan dasar emping blinjo dipadukan rajangan sambal matah, rajangan kecombrang serta cabe rawit dan sedikit sentuhan rasa segar dari jeruk nipis, gurih dan segar adalah rasa yang ingin diangkat pada canape ini.

Cabuk Rambak, tampilan fusion canape dengan bahan dasar potongan ketupat di balur bumbu wijen dengan kerupuk puli. Ada pula semanggi, pecel punten, opak kali sambal pecel, talam pandan adalah berbagai olahan masakan tradisional yang kemudian ditampilkan dalam bentuk lebih mengglobal dengan sajian berbentuk canapé, menu ringan yang dikembangkan dari Perancis serta berukuran kecil-kecil.

Sumber : https://inisurabaya.com/2022/07/nikmati-cerutu-ber...