Dituntut Inovasi Sehat

News Photo
Print Friendly and PDF

News / July 10, 2020

Dituntut Inovasi Sehat

SURABAYA, Jawa Pos – “Masa pandemi harusnya mengonsumsi makanan yang non pengawet dan bergizi untuk memperkuat imunitas,“ ujar Executive Chef Surabaya Suites Hotel Nehemia Chrisfian. Dia memaparkan hal itu pada agenda Modern Primitive (Back to Nature) Jumat (10/7). Dia bersama undangan berdiskusi mengenai kuliner sehat saat pandemi.

Menurut Christfian, pandemi membuat dunia kuliner sedikit berubah. Masyarakat mencari sesuatu yang lebih bergizi dan bisa memperkuat imunitas. Hal itu menuntut para chef dan pengusaha makanan berinovasi. Dia pun berinovasi menggunakan bahan dan peralatan masak dari alam sekitar yang dinamakan masak pendem.

“Itu bahan utamanya rempah – rempah. Dimasak menggunakan arang. Lalu, proses memasaknya di bawah tanah. Itu yang disebut masak pendem,” ujarnya. Dia mengatakan bahwa rempah – rempah sudah terbukti bisa meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih, itu juga dimasak tanpa menggunakan pengawet. Kali ini dia memasak ayam dan bebek dicampur dengan sejumlah rempah – rempah tersebut. Proses memasaknya didalam gentong yang ditanam di tanah. Bahan bakarnya berasal dari arang. Itu juga sesuai tema masakan Modern Primitive. Itu berarti masakan modern dengan proses kembali kea lam. Konsep tersebut dipilih karena pandemic yang sedang terjadi. Memilih konsep alam yang terbuka agar meminimalkan risiko penularan.

sumber dari : https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20...